eguh Dwi Hartono

Liputan6.com, Jakarta: Indonesia memiliki mobil nasional? Impian itu tinggal selangkah lagi. Langkah awal telah dijejakkan para siswa sekolah menegah kejuruan dengan pembuatan prototipe atau purwarupa dari mobil “made in indonesia”

Mungkin sebagian Anda mengira mobil-mobil ini adalah buatan pabrikan asal luar negeri. Anda keliru besar. Mobil-mobil cantik ini murni kreasi anak bangsa. Mobil berjuluk digdaya ini, misalnya, adalah hasil kreasi siswa Sekolam Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari, Malang. Kuda besi jenis pick-up ekstra cabin, berpenampilan garang ini, benar-benar tak kalah dengan mobil sejenis besutan pabrikan ternama.

Tengok pula sedan MPV, buatan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Magelang. Meski dikerjakan secara manual, mobil keluarga ini jelas tak kalah mewah dan elegan.

Selain mobil penumpang, para siswa juga menawarkan kendaraan niaga, sepertiĀ  Zhangaro dan Rosa Van. Kedua mobil ini adalah buah tangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Malang dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang. Dengan finishing cat oven yang matang, Anda mungkin tidak percaya jika mobil-mobil ini buatan dalam negeri. Prinsip dasar pembuatan dan perakitan sudah dikuasai, lalu apa langkah selanjutnya?(ISW)